Jumat, 25 November 2011

RPP SD KELAS 3 SEMESTER II LINGKUNGAN SEHAT DAN TIDAK SEHAT


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Jenjang Pendidikan        : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran              : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Pokok Bahasan              : Kesehatan Lingkungan
Sub Pokok Bahasan       : Ciri-ciri Lingkungan Sehat dan
Lingkungan tidak Sehat
Kelas / Semester            : III/ I
Alokasi Waktu               : 2 x 35 (menit)
 

I.              Standar Kompetensi
2. Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan
 dan upaya menjaga kesehatan lingkungan.
II.           Kompetensi Dasar
2.1  Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
berdasarkan pengamatan.
III.        Indikator
Ø   Membedakan lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat.
IV.         Tujuan Perbaikan Pembelajaran
Ø   Melalui penggunaan pendekatan konstruktivisme, siswa dapat membedakan lingkungan yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat.
V.            Materi Pembelajaran
“Lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat”














Lingkungan Sehat                                            Lingkungan tidak sehat
Lingkungan sehat adalah lingkungan yang bersih. Udaranya bersih, air bersih dan tidak ada sampah.
Lingkungan yang tidak sehat adalah lingkungan yang kotor. Udaranya kotor, sampah dimana-mana dan air pun kotor.
VI.         Pendekatan, Metode, Media dan Sumber
·      Pendekatan             : Konstruktivisme
·      Metode                   : Tanya jawab, diskusi kelompok, pengamatan.
·      Media                     : LKS, Gambar lingkungan sehat dan lingkungan
tidak sehat.
·      Sumber                   : S. Bambang. 2006. Model KTSP dan Model Silabus
Mata Pelajaran SD / MI. Jakarta. BP. Cipta Jaya.
S. Rositawaty. 2008. Senang Belajar Ilmu
Pengetahuan Alam 3 untuk Kelas 3 SD / MI.
Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.
M.D Wijayanti, Sularmi. 2008. Sains Ilmu Pengetahuan Alam SD/MI 3. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.
VII.      Kegiatan Pembelajaran
No
Tahap
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa

1

Kegiatan Awal
(5’)

·     Mengkondisikan siswa


·     Berdo’a
·     Guru mengabsen siswa

·   Siswa mengkondisikan diri
·   Siswa berdo’a
·   Siswa mengacungkan tangan
2
Kegiatan Inti
(55’)












































·     Guru melakukan tanya jawab dan memberikan suatu masalah atau isu yang berhubungan dengan materi lingkungan yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat:
1.      Coba kalian lihat sekeliling ruangan kelas kalian apakah ada sampah?
2.      Kalau ada sampah maka kelas kita akan bagaimana?

·       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

·       Guru memperlihatkan gambar lingkungan yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat. Kemudian melakukan tanya jawab dengan siswa
·     Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Kemudian membagikan LKS, membacakan petunjuk untuk mengerjakan LKS kemudian menyuruh siswa untuk melakukan pengamatan lingkungan sehat dan tidak sehat disekitar sekolah dan guru membimbing siswa dalam melakukan pengamatan
·     Guru meminta perwakilan setiap kelompok untuk maju kedepan dan melaporkan hasil pengamatan, diskusi serta tanya jawab mengenai hasil pengamatan lingkungan sehat dan tidak sehat. Kemudian guru meminta siswa untuk menyimpulkan hasil pengamatan dan guru memberikan penguatan dan menyimpulkan pembelajaran dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari
·   Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru











·   Menyimak tujuan yang disampaikan oleh guru
·   Memperhatikan gambar. kemudian menjawab pertanyaan guru


·   Siswa mengkondisikan diri, menerima LKS dan keluar kelas kemudian melakukan pengamatan.




·   Siswa dari setiap perwakilan kelompok maju kedepan untuk melaporkan hasil pengamatan dan berdiskusi, menjawab bila ada pertanyaan dan menyimpulkan hasil pengamatan dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari
3
Kegiatan Akhir
(10’)

·     Guru mengadakan post tes

·     Guru menutup pelajaran dan menyuruh siswa untuk merapikan alat tulis.
·     Siswa mengerjakan soal tes
·     Siswa menyimak kemudian merapikan alat tulis



VIII.   Evaluasi
·      Prosedur Evaluasi       : Tes Proses dan Akhir
·      Jenis Evaluasi : Tes dan Non Tes
·      Bentuk Evaluasi          : Uraian, Penilaian kinerja dan Sikap
·      Alat Evaluasi              : Format Penilaian Proses dan Soal

a.    Soal tes
1.    Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan lingkungan sehat?
2.    Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan lingkungan tidak sehat?
3.    Sebutkan ciri-ciri lingkungan sehat?
4.    Sebutkan ciri-ciri lingkungan tidak sehat?
5.    Apa penyebab dari lingkungan yang tidak sehat atau lingkungan yang kotor?
Format penilaian hasil
No
Kunci jawaban
skor
1
Lingkungan yang bersih
20
2
Lingkungan yang kotor
20
3
Ciri-ciri lingkungan sehat adalah udaranya bersih, airnya bersih, dan tidak ada sampah
20
4
Ciri-ciri lingkungan tidak sehat adalah udaranya kotor, sampah di mana-mana, dan airnya pun kotor
20
5
Banayaknya manusia yang membuang sampah sembarangan seperti di sungai.
Adanya pembuangan limbah pabrik yang membuang limbahnya disungai sehingga sungai menjadi keruh dan bau.
20
Jumlah
100






b.    Format penilaian proses
No.
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Keterangan
Keaktifan
Kerjasama
1
2
3
1
2
3
1
..









Keterangan :
Keaktifan
3 = Pada saat kegiatan eksplorasi siswa mengajukan pertanyaan dan memberikan pendapat
2 = Pada saat kegiatan eksplorasi siswa tidak mengajukan pertanyaan tetapi memberikan pendapat
1 = Pada saat kegiatan eksplorasi siswa tidak mengajukan pertanyaan dan tidak memberikan pendapat
Kerjasama
3 = Pada saat kegiatan eksplorasi siswa bekerjasama dengan teman kelompoknya dan menghargai pendapat teman kelompoknya
2 = Pada saat kegiatan eksplorasi siswa bekerjasama dengan teman kelompoknya tetapi tidak menghargai pendapat teman kelompoknya
1 = Pada saat kegiatan eksplorasi siswa tidak kerjasama dengan teman kelompoknya dan tidak menghargai pendapat temannya

Ujungsemi, ………………. 2011

Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN 2 Ujungsemi                                              Mahasiswa,



EDAH SUFAEDAH, S.Pd                                                     SHOLIKHAH
NIP. 19610603 198305 2 006                                                 NIM. 814131258
LEMBAR KERJA SISWA

Mata Pelajaran     :    Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester    :    III / I
Materi                   : Ciri-ciri Lingkungan Sehat dan Lingkungan tidak Sehat
Tujuan                   : Membedakan Lingkungan Sehat dan Lingkungan tidak
Sehat
Hari/Tanggal         :
Anggota                 :    1.
                                 2.           
                                 3.
                                 4.


Langkah Kerja     
A.  Coba kalian amati gambar di bawah ini jelaskan gambar tersebut gambar apa dan apa dampaknya terhadap lingkungan. Kemudian isilah kolom lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat dengan memberi tanda ceklis ( ). Diskusikan dengan kelompokmu dan tuliskan hasil penyelidikanmu dalam bentuk tabel di bawah ini!















                





           
          Gambar.1                                  Gambar.2                                Gambar.3






 





            Gambar.4                                  Gambar.5                               Gambar.6
                                                            




No
Lingkungan Sehat
Lingkungan Tidak Sehat
Dampak Terhadap Lingkungan






























LEMBAR EVALUASI

Mata Pelajaran     :    Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester    :    III / I
Materi                   : Ciri-ciri Lingkungan Sehat dan Lingkungan tidak Sehat
Hari/Tanggal         :
Nama                     :   


A.       Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar!
1. Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan lingkungan sehat?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
2. Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan lingkungan tidak sehat?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
3. Sebutkan ciri-ciri lingkungan sehat?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
4. Sebutkan ciri-ciri lingkungan tidak sehat?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
5. Apa penyebab dari lingkungan yang tidak sehat atau lingkungan yang kotor?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………



0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management