RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Jenjang
Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam (IPA)
Pokok
Bahasan : Kesehatan
Lingkungan
Sub Pokok
Bahasan : Ciri-ciri Lingkungan Sehat
dan
Lingkungan
tidak Sehat
Kelas /
Semester : III/ I
Alokasi
Waktu : 2 x 35 (menit)
I.
Standar
Kompetensi
2. Memahami kondisi lingkungan yang
berpengaruh terhadap kesehatan
dan upaya menjaga kesehatan lingkungan.
II.
Kompetensi
Dasar
2.1 Membedakan
ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
berdasarkan
pengamatan.
III.
Indikator
Ø Membedakan lingkungan sehat dan lingkungan tidak
sehat.
IV.
Tujuan Perbaikan
Pembelajaran
Ø Melalui penggunaan pendekatan konstruktivisme, siswa dapat membedakan
lingkungan yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat.
V.
Materi
Pembelajaran
“Lingkungan sehat dan
lingkungan tidak sehat”
Lingkungan
Sehat Lingkungan
tidak sehat
Lingkungan sehat
adalah lingkungan yang bersih. Udaranya bersih, air bersih dan tidak ada
sampah.
Lingkungan yang tidak
sehat adalah lingkungan yang kotor. Udaranya kotor, sampah dimana-mana dan air
pun kotor.
VI.
Pendekatan,
Metode, Media dan Sumber
·
Pendekatan
: Konstruktivisme
·
Metode : Tanya jawab, diskusi
kelompok, pengamatan.
·
Media : LKS, Gambar lingkungan
sehat dan lingkungan
tidak sehat.
·
Sumber : S. Bambang. 2006. Model KTSP dan Model Silabus
Mata
Pelajaran SD
/ MI. Jakarta. BP.
Cipta Jaya.
S. Rositawaty. 2008. Senang Belajar Ilmu
Pengetahuan
Alam 3 untuk Kelas 3 SD / MI.
Jakarta.
Departemen Pendidikan Nasional.
M.D Wijayanti, Sularmi. 2008. Sains Ilmu Pengetahuan Alam SD/MI 3. Jakarta. Departemen
Pendidikan Nasional.
VII.
Kegiatan
Pembelajaran
No
|
Tahap
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
1
|
Kegiatan Awal
(5’)
|
·
Mengkondisikan siswa
·
Berdo’a
·
Guru mengabsen siswa
|
· Siswa mengkondisikan
diri
· Siswa berdo’a
· Siswa mengacungkan
tangan
|
2
|
Kegiatan
Inti
(55’)
|
·
Guru melakukan tanya jawab dan memberikan suatu masalah
atau isu yang berhubungan dengan materi lingkungan yang sehat dan lingkungan
yang tidak sehat:
1. Coba kalian lihat
sekeliling ruangan kelas kalian apakah ada sampah?
2. Kalau ada sampah maka
kelas kita akan bagaimana?
· Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran
· Guru memperlihatkan
gambar lingkungan yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat. Kemudian
melakukan tanya jawab dengan siswa
·
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Kemudian
membagikan LKS, membacakan petunjuk untuk mengerjakan LKS kemudian menyuruh
siswa untuk melakukan pengamatan lingkungan sehat dan tidak sehat disekitar
sekolah dan guru membimbing siswa dalam melakukan pengamatan
·
Guru meminta perwakilan setiap kelompok untuk maju kedepan
dan melaporkan hasil pengamatan, diskusi serta tanya jawab mengenai hasil
pengamatan lingkungan sehat dan tidak sehat. Kemudian
guru meminta siswa untuk menyimpulkan hasil pengamatan dan guru
memberikan penguatan dan menyimpulkan pembelajaran dan mengaplikasikannya
dalam kehidupan sehari-hari
|
· Siswa menjawab
pertanyaan yang diajukan oleh guru
· Menyimak tujuan yang
disampaikan oleh guru
· Memperhatikan gambar.
kemudian menjawab pertanyaan guru
· Siswa mengkondisikan
diri, menerima LKS dan keluar kelas kemudian melakukan pengamatan.
· Siswa dari setiap
perwakilan kelompok maju kedepan untuk melaporkan hasil pengamatan dan
berdiskusi, menjawab bila ada pertanyaan dan
menyimpulkan hasil pengamatan dan mengaplikasikannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
3
|
Kegiatan
Akhir
(10’)
|
·
Guru mengadakan post tes
·
Guru menutup pelajaran dan menyuruh siswa untuk merapikan
alat tulis.
|
·
Siswa mengerjakan soal tes
·
Siswa menyimak kemudian merapikan alat tulis
|
VIII. Evaluasi
· Prosedur
Evaluasi : Tes Proses dan Akhir
· Jenis Evaluasi :
Tes dan Non Tes
· Bentuk Evaluasi :
Uraian, Penilaian kinerja dan Sikap
· Alat Evaluasi : Format Penilaian
Proses dan Soal
a.
Soal tes
1.
Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan
lingkungan sehat?
2.
Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan
lingkungan tidak sehat?
3.
Sebutkan ciri-ciri lingkungan sehat?
4.
Sebutkan ciri-ciri lingkungan tidak sehat?
5.
Apa penyebab dari lingkungan yang tidak sehat
atau lingkungan yang kotor?
Format penilaian hasil
No
|
Kunci jawaban
|
skor
|
1
|
Lingkungan
yang bersih
|
20
|
2
|
Lingkungan
yang kotor
|
20
|
3
|
Ciri-ciri
lingkungan sehat adalah udaranya bersih, airnya bersih, dan tidak ada sampah
|
20
|
4
|
Ciri-ciri
lingkungan tidak sehat adalah udaranya kotor, sampah di mana-mana, dan airnya
pun kotor
|
20
|
5
|
Banayaknya
manusia yang membuang sampah sembarangan seperti di sungai.
Adanya
pembuangan limbah pabrik yang membuang limbahnya disungai sehingga sungai
menjadi keruh dan bau.
|
20
|
Jumlah
|
100
|
b.
Format penilaian proses
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Keterangan
|
|||||
Keaktifan
|
Kerjasama
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
1
..
|
Keterangan :
Keaktifan
3 = Pada saat kegiatan eksplorasi siswa mengajukan pertanyaan dan memberikan pendapat
2 = Pada saat kegiatan eksplorasi siswa tidak
mengajukan pertanyaan tetapi memberikan pendapat
1 = Pada saat kegiatan eksplorasi siswa tidak mengajukan pertanyaan dan tidak
memberikan pendapat
|
Kerjasama
3
= Pada saat kegiatan
eksplorasi siswa
bekerjasama dengan teman
kelompoknya dan menghargai pendapat teman kelompoknya
2 = Pada saat kegiatan eksplorasi siswa bekerjasama dengan
teman kelompoknya tetapi tidak menghargai pendapat teman kelompoknya
1 = Pada saat kegiatan eksplorasi siswa tidak
kerjasama dengan teman kelompoknya dan tidak menghargai pendapat temannya
|
Ujungsemi, ………………. 2011
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SDN 2 Ujungsemi Mahasiswa,
EDAH SUFAEDAH, S.Pd SHOLIKHAH
NIP. 19610603
198305 2 006 NIM.
814131258
LEMBAR KERJA SISWA
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : III / I
Materi : Ciri-ciri Lingkungan Sehat dan
Lingkungan tidak
Sehat
Tujuan : Membedakan Lingkungan Sehat dan Lingkungan tidak
Sehat
Hari/Tanggal :
Anggota : 1.
2.
3.
4.
Langkah Kerja
A. Coba kalian amati gambar
di bawah ini jelaskan gambar tersebut gambar apa dan apa dampaknya terhadap
lingkungan. Kemudian isilah kolom lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
dengan memberi tanda ceklis ( √ ). Diskusikan dengan kelompokmu dan tuliskan
hasil penyelidikanmu dalam bentuk tabel di bawah ini!
Gambar.1 Gambar.2 Gambar.3
Gambar.4 Gambar.5 Gambar.6
No
|
Lingkungan
Sehat
|
Lingkungan
Tidak Sehat
|
Dampak
Terhadap Lingkungan
|
LEMBAR
EVALUASI
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : III / I
Materi : Ciri-ciri Lingkungan Sehat dan
Lingkungan tidak
Sehat
Hari/Tanggal :
Nama :
A.
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan
benar!
1. Coba jelaskan
apa yang dimaksud dengan lingkungan sehat?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
2. Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan lingkungan tidak sehat?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
3. Sebutkan ciri-ciri lingkungan sehat?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
4. Sebutkan ciri-ciri lingkungan tidak sehat?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
5. Apa penyebab dari lingkungan yang tidak sehat atau lingkungan
yang kotor?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
1 komentar:
Makasih..
Postingan blog Anda sangatlah berguna bagi pengunjung..
Ijinkan kami untuk posting ulang silabus rpp Anda ini di web kami http://silabusrpp.com
Sekedar pemberitahuan bahwa rpp ipa kelas 3 sd sudah kami posting di di http://silabusrpp.com/rpp-ipa-kelas-3-7-sd-mi.html
salam admin http://silabusrpp.com
Posting Komentar